Wednesday, May 11, 2016

Kesehatan



Cara Menjaga Kesehatan Otak

Menjaga kesehatan diri merupakan hal yang sangat penting, menjaga kesehatan diri sama artinya dengan menjaga bagian dari anggota tubuh baik anggota tubuh bagian dalam maupun bagian luar, oleh sebab itu kita juga harus menghindari kebiasaan – kebiasaan buruk yang kita sering lakukan tanpa kita sadari. Informasi kali ini kita akan membahas tentang  menjaga kesehatan otak. Tentu saja, kita semua senantiasa ingin memiliki otak yang kuat dan sehat. Dengan kesehatan otak yang baik, tentu segala aktivitas dapat kita lakukan dengan lancar. Berikut ini merupakan cara menjaga kesehatan otak dengan menghindari kebiasaan buruk di bawah ini :

1.      Tidak mau sarapan
Tidak sarapan dapat menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah sehingga nutrisi yang masuk pada otak berkurang, dan akhirnya terjadi  kemunduran fungsi otak.

2.      Kebanyakan makan makanan siap saji.
Terlalu banyak makan makanan yang banyak mengandung glukosa ( kadar gula),maupun penyedap rasa (seperti vetsin,micin,dsb.) dapat  menyebabkan mengerasnya pembuluh darah dan menghambat penyerapan protein dan gizi lainnya dalam otak.

3.      Merokok sehingga menyebabkan polusi udara
Merokok dapat mengakibatkan menyusutnya volume otak yang pada akhirnya dapat kehilangan fungsi – fungsinya sehingga perkembangan otak terganggu. Otak juga menyerap banyak udara , sehingga terlalu lama berada dilingkungan yang berpolusi akan membuat fungsi kerja otak menurun.

4.      Kurang tidur
Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Kurang tidur karena begadang, lembur kerja, stress dan lain sebagainya  membuat sel-sel otak mati kelelahan.

5.      Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit
Bekerja atau belajar ketika kondisi tubuh sedang sakit itu tidaklah baik, karena pada saat sakit otak juga ikut lelah. Maka dari itu diperlukan banyak istirahat dan mengkonsumsi makanan yang seimbang.

6.      Kurangnya stimulasi otak karena jarang bicara
Jarang bicara justru dapat membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Oleh karena itu, bersosialisasi adalah cara terbaik untuk kita dapat berbicara dan dapat terus menjalin hubungan,karena dengan bersosialisasi juga dapat melatih kerja otak.



0 comments:

Post a Comment

 

SukaSukaNulis Template by Ipietoon Cute Blog Design