Friday, August 15, 2014

CERPEN KEWIRAUSAHAAN



PELITA  BERCAHAYA  PELANGI
Oleh : dian prawirantari
          Saat itu larut malam dan semua orang beranjak meninggalkan bangunan megah tersebut kecuali seorang wanita muda yang duduk dalam bayang-bayang dedaunan pohon yang berdiri kokoh tepat di depan butik itu. Di siang hari, jalanan di depan butik sarat akan debu kotor, namun di malam hari embun yang terbentuk di udara serta-merta menyingkirkan serpihan debu dari permukaan jalan. Itulah sebabnya si wanita muda itu senang duduk di sana, saat semua orang justru ingin pulang ke rumah,ia lebih tertarik melihat manekin yang bagaikan dewi berbalut pakaian yang menggugah hati tersebut, seolah suasana malam sunyi membawanya ke alam lain.

            Malam berganti pagi, pagi berganti siang, siang berganti malam, selalu saja wanita muda itu terlihat disana. “Mengapa ia tidak pergi?” pikir  wanita  dari seberang. Membawa bertumpuk – tumpuk kain, berteriak, memanggil, siapa saja yang melintas didepannya. Malu? sudah pasti. Satu lembar kain lima ribu rupiah, tiga lembar kain duabelas ribu rupiah, proses tawar-menawar itu tidak jarang membuatnya malu, hingga pipinya memerah, sebagaimana semua orang pasti merasakan hal yang sama jika mereka ada di posisinya. Berkali - kali sudah Pelangi mempermalukan diri.Cuma itu?, tentu tidak. memperlihatkan berbagai macam gaya dengan harapan dapat menghipnotis orang – orang yang bejalan lewat didepannya. Tidak banyak yang memperdulikannya, bahkan tidak sedikit yang hanya melihat dan langsung berjalan pergi.

“Haruskah aku berpidah ke depan gedung itu? atau haruskah aku masuk kedalamnya?”pikiran pelangi melayang.

Aku menjauhi trotoar, berjalan maju beberapa langkah dengan wajah tengadah, lalu dari tengah jalan, seraya mengatupkan kedua tangan agar membentuk corong di sekitar mulut, aku berteriak sekeras-kerasnya: “Lihat saja Aku bisa lebih dari kalian, Aku bisa, aku pasti bisa”

Semua orang melihatnya, tapi ia tidak peduli. Ia lebih memilih melanjutkan jalannya menuju rumah dengan mata berkaca kaca, sambil dalam hati memohon “ Ibu, tolong bantu aku”

            Termenung sendiri di rumah yang kecil, ia terdiam melihat layar ponselnya. Satu jam, dua jam, tiga jam waktu berlalu, “tapi apa yang aku bisa?” diam?menangis?atau mungkin berteriak bagaikan orang gila?apakah itu akan mengubah nasibku, sebenarnya apa aku ini?

            Sedetik kemudian ia sudah memegang sebuah buku yang berisi gambaran, sejak kecil ia memang sudah biasa menggambar busana, ia tersenyum melihat rancanganngannya. membolak-balikkan buku itu memang sudah menjadi kebiasaan disetiap malam-malamnya yang sunyi. Tetapi malam ini berbeda ia mencoba untuk membuat salah satu baju rancangannya dengan mesin jahit tua peninggalan neneknya. Ia berusaha membuatnya sebaik mungkin, mencoba pakaian itu dan melihatnya dikaca, ia merasa ada yang kurang. Lalu ia bergegas mengambil kain- kain yang ada dan menjadikannya hijab yang indah bahkan ada bentuk seperti bunga mawar diatasnya, tidak lupa ia memotret dirinya dan mengunggahnya ke dalam Facebook, ya facebook memang media yang pas untuk berkomunikasi dengan teman yang jaraknya jauh.

            Siapa sangka dipagi hari ia mendapat kejutan dengan banyaknya komentar tentang desain baju dan hijabnya, “Wah,bagus” , “pesan satu dong”, sedikit demi sedikit perubahanpun terjadi, Pelangi mendapat banyak tawaran, dari awalnya hanya punya 5 orang karyawan sekarang sudah berkembang menjadi 350 karyawan yang membantunya.

            Tinggalnya pun sudah tidak dirumah kecil itu, ia tinggal di rumah yang cukup besar bahkan mengajak kedua orang tuanya untuk tinggal bersama. Seiring berjalannya waktu usahanya berjalan dengan pesat, bahkan ia kerap diundang dalam pagelaran busana yang diadakan di negeri tetangga, busana yang sudah menjadi kebutuhan utama dan juga desain yang terus berubah – ubah setiap musimnya memberi keuntungan tersendiri bagi Pelangi.

            Malam sudah larut, saat kebanyakan orang akan memilih pergi kerumahnya masing-masing untuk melepas penat, tetapi tidak untuk Pelangi ia memilih untuk menyusuri jalan dan duduk  dibawah pohon besar yang menghadap pada sebuah bangunan megah, ya tepat di depan butik itu. Kemudian ia berkata  pelan “Aku bisa, sekarang kalian sudah lihat kan, aku bisa lebih dari yang kalian kira”

-       END   -


Mohon untuk teman-teman yang mau copas/save tolong isi credit nya yaa... juga buat teman-teman yang mau share kalu bisa share link blog ini yaa... :)
tolong hargai mimin yang kebut semalam untuk cerpen ini :( 

6 comments:

 

SukaSukaNulis Template by Ipietoon Cute Blog Design